Kapan Bill Clinton Menjadi Presiden AS?

Kapan Bill Clinton Menjadi Presiden AS? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/britannica.com
Bill Clinton, dari Partai Demokrat, terpilih menjadi presiden Amerika Serikat yang ke-42, pada 3 November 1992. Sebelum terpilih menjadi presiden, Clinton adalah Gubernur Arkansas yang ke-50 dan ke-52. Selain itu, Clinton juga mendirikan Yayasan William J. Clinton Foundation, dan menjadi ketuanya.

William Jefferson Blythe Clinton lahir di Hope, Arkansas, pada 19 Agustus 1946. Setelah lulus dari Georgetown University pada 1968, ia mendapat Beasiswa Rhodes untuk belajar di Oxford University. Pada tahun 1973, ia mendapatkan gelar di bidang hukum dari Yale University, lalu mulai memasuki dunia politik di Arkansas.

Ia kalah dalam kampanye untuk menjadi anggota Kongres di Distrik Ketiga Arkansas pada 1974, namun dua tahun kemudian, pada 1976, ia terpilih sebagai Jaksa Agung Arkansas, dan menjadi gubernur pada negara bagian tersebut pada 1978.

Empat tahun setelah itu, ia kembali menjabat sebagai Gubernur Arkansas, hingga kemudian berhasil mengalahkan Presiden George Bush serta kandidat independen Ross Perot pada pemilihan presiden 1992.

Selama masa pemerintahannya, rakyat AS menilai kesejahteraan ekonomi mereka lebih baik jika dibandingkan dengan periode manapun dalam sejarah AS. Namun, meski begitu, Clinton juga tersandung cukup banyak skandal, salah satunya adalah yang melibatkan Monica Lewinsky, yang mengakibatkan dia sampai terancam impeachment.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 34518510543686543

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item