Kapan Terjadinya Gencatan Senjata Irak-Iran?

Kapan Terjadinya Gencatan Senjata Irak-Iran? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/okezone.com
Irak dan Iran melakukan gencatan senjata pada 18 Agustus 1988.

Sejak September 1980, Irak menyerang Iran. Peperangan itu kemudian berkecamuk selama delapan tahun, dengan menewaskan puluhan ribu tentara dari kedua belah pihak, sekaligus rakyat sipil di Iran.

Peperangan itu bermula ketika pasukan Irak menerobos perbatasan Iran pada 22 September 1980 akibat masalah perbatasan yang berlarut-larut antara kedua negara, dan juga kekhawatiran Saddam Hussein atas perlawanan Syiah yang dibawa oleh Imam Khomeini dalam Revolusi Iran.

Akhirnya, setelah delapan tahun berperang, dan Iran berhasil memukul mundur Irak, PBB mengeluarkan resolusi bernomor 596, agar kedua belah pihak melakukan gencatan senjata. Perang Irak-Iran pun mulai mereda.

Meskipun perang Iran-Irak yang dimulai dari 1980-1988 merupakan perang yang terjadi di wilayah Teluk Persia, namun akar masalah mereka sebenarnya telah dimulai sejak berabad-abad sebelumnya, yaitu berlarut-larutnya permusuhan yang terjadi antara kerajaan Mesopotamia (terletak di lembah sungai Tigris-Eufrat, yang kini menjadi Irak) dengan kerajaan Persia (yang kini menjadi Iran modern).

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 4780121679916504108

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item