Kapan Pecahnya Perang Teluk?

Kapan Pecahnya Perang Teluk? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/jejaktapak.com
Perang Teluk pecah pada 17 Januari 1991, diawali ketika Irak menginvasi Kuwait pada tanggal 2 Agustus 1990, dan menduduki kawasan-kawasan paling strategis di negeri itu. Tiga bulan setelah itu, Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang mengizinkan penggunaan kekuatan militer jika sampai tanggal 15 Januari Irak tidak juga keluar dari Kuwait.

Pada tanggal 17 Januari, ketika batas waktu yang ditetapkan PBB untuk Irak sudah habis, pesawat-pesawat tempur pasukan multinasional pun mulai menjatuhkan bom-bom mereka ke wilayah Irak. Aksi militer itu dipimpin oleh Jenderal Schwarzkopf, dan melibatkan pasukan dari 32 negara, termasuk Amerika, Inggris, Prancis, Mesir, Arab Saudi, dan Kuwait.

Selama enam minggu, kekuatan multinasional menghujani Irak dengan serangan udara. Pada 24 Februari, serangan darat pun dimulai.

Perang Teluk kemudian berakhir dengan diumumkannya gencatan senjata oleh Presiden Amerika, George Bush, dan Irak bersedia menerima resolusi Dewan Keamanan PBB. Setelah itu, PBB memberlakukan sanksi embargo ekonomi kepada Irak.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 5002633078340759571

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item