Kapan Kroasia Meraih Kemerdekaan?

Kapan Kroasia Meraih Kemerdekaan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Kroasia meraih kemerdekaan pada 25 Juni 1991.

Republik Kroasia adalah negara berbentuk bulan sabit di Eropa, berbatasan dengan Laut Tengah di sebelah selatan, Eropa Tengah di utara, dan Balkan di tenggara. Ibu kotanya adalah Zagreb. Dalam sejarahnya, negara ini merupakan negara republik untuk Republik Sosialis Federal Yugoslavia. Negara ini melepaskan diri dan memperoleh kemerdekaan pada 1991.

Sebelumnya, menyusul runtuhnya Austria dan Hungaria, Federasi Yugoslavia didirikan pada tahun 1929 yang terdiri atas Serbia, Kroasia, Bosnia, Herzegovina, Makedonia, dan Slovenia. Di dalam negara federasi tersebut, etnis Serbia memiliki pengaruh dan kekuasaan paling besar sehingga menimbulkan kecemburuan dari etnis-etnis lainnya.

Setelah Uni Soviet tumbang, nasionalisme negara-negara bagian di Yugoslavia semakin meningkat, dan rakyat Kroasia pun mengadakan referendum yang hasilnya menghendaki didirikannya negara merdeka yang terpisah dari Yusgoslavia. Akibatnya, Yugoslavia menyerang Kroasia.

Namun, perlawanan rakyat yang didukung negara-negara Barat akhirnya menghentikan serangan Yugoslavia, dan Kroasia pun akhirnya merdeka.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 3212434350870486046

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item