Siapakah Yitzhak Rabin?

Siapakah Yitzhak Rabin? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/jta.com
Dilahirkan di Yerusalem, 1 Maret 1922, Yitzhak Rabin adalah politikus dan jenderal Israel. Rabin adalah perdana menteri kelima Israel pada 1974–1977, dan menjabat kembali pada 1992 hingga ia terbunuh pada 1995 oleh Yigal Amir, seorang aktivis sayap kanan yang tidak mendukung kebijakan mengenai Perjanjian Oslo.

Rabin adalah perdana menteri Israel pertama yang dilahirkan di Israel, dan satu-satunya perdana menteri Israel yang terbunuh.

Rabin yang berasal dari Partai Buruh menjadi perdana menteri Israel sejak 1977. Namun karena skandal keuangan, dia terpaksa mundur. Pada 1992 ia kembali terpilih sebagai perdana menteri.

Dalam masa jabatannya yang kedua, Rabin berusaha menjalin hubungan baik dengan Palestina, sehingga pada 1994—bersama Yasser Arafat dan Menteri Luar Negeri Shimon Peres—ia mendapat Nobel Perdamaian. Namun aktivitasnya itu kemudian membuat kalangan zionis fanatik membunuhnya.

Yitzhak Rabin tewas pada 4 November 1995, setelah ditembak tiga kali oleh Yigal Amir, seusai meninggalkan kampanye damai di Tel Aviv. Penembakan itu disaksikan oleh sekitar 100 ribu orang Israel yang mendukung prakarsa damai dengan Palestina yang digagas pemerintahan Rabin. Rabin sempat dibawa ke rumah sakit, tapi tewas tak lama kemudian.

Yigal Amir diyakini sebagai salah satu pendiri organisasi Yahudi ilegal dalam penyelesaian di Tepi Barat, dan anggota organisasi ekstrim kanan. Yitzhak Rabin meninggal dunia dalam usia 73 tahun.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 1405297751593637770

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item