Kapan Yasser Arafat Menjadi Presiden Palestina?

Kapan Yasser Arafat Menjadi Presiden Palestina? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/time.com
Yasser Arafat terpilih sebagai presiden Palestina pada 20 Januari 1996 dalam sebuah pemilihan umum, dengan memperoleh 88,1 persen suara. Atas kemenangannya tersebut, Arafat pun memiliki kekuasaan atas Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Mohammed Abdel Rahman Abdel Raouf Arafat al-Qudwa al-Husseini, atau yang populer dengan nama Yasser Arafat, lahir di Kairo, Mesir, pada 24 Agustus 1929. Sebelum menjadi presiden Palestina, Arafat menjabat sebagai Ketua Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan Presiden Otoritas Nasional Palestina (PNA), serta memimpin partai politik Fatah yang ia dirikan pada tahun 1959. Ia juga penerima Nobel Perdamaian pada 1994.

Arafat menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk memerangi Israel, demi memperjuangkan hak menentukan nasib sendiri bagi Palestina. Semula ia menentang keberadaan Israel, namun kemudian memperlunak sikapnya setelah menerima Resolusi Dewan Keamanan PBB pada tahun 1988.

Media-media internasional menyebut peristiwa kemenangan Arafat tersebut sebagai pemilu presiden secara demokratis pertama bagi bangsa Palestina—meski kenyataannya lebih dari dua juta pengungsi di luar wilayah pendudukan yang merupakan kelompok mayoritas bangsa Palestina tidak diizinkan untuk menggunakan hak pilihnya oleh Israel.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Tokoh 8732535988387747213

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item