Kapan Yahoo! Lahir ke Dunia?

Kapan Yahoo! Lahir ke Dunia? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Yahoo! dimulai pada Februari 1994, ketika Jerry Yang dan David Filo membuat situs khusus yang berisi bookmark web, yang waktu itu diberi nama “Jerry and David’s Guide to the World Wide Web”. Pada April 1994, nama situs itu diganti menjadi “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”, atau disingkat Yahoo.

Pada mulanya, Yahoo! adalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku). Ide pembuatan Yahoo! berawal ketika Jerry Yang dan David Filo—yang waktu itu masih mahasiswa Universitas Stanford—mendapatkan liburan karena profesor mereka cuti dan pergi ke luar kota hingga cukup lama.

Selama libur tersebut, Jerry Yang dan David Filo hanya memiliki sedikit kegiatan, dan menghabiskan banyak waktu mereka untuk menjelajahi internet.

Dari situlah kemudian—untuk membunuh waktu—mereka mengkompilasi sebuah daftar bookmark berukuran besar, yang dikelompokkan berdasarkan subjek. Setelah itu mereka berpikir untuk memasukannya ke web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Domain yahoo.com dibuat pada 18 Januari 1995. Karena Jerry Yang dan David Filo menyadari potensi besar yang dimiliki website tersebut, mereka pun memutuskan untuk mendaftarkan Yahoo! secara resmi sebagai badan hukum pada 1 Maret 1995, yang juga sekaligus menandai lahirnya Yahoo! ke dunia.

Pada saat ini, Yahoo! Inc adalah sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia.

Yahoo! adalah situs pertama yang mengkatalogkan web, menawarkan daftar direktori setiap situs penting, kemudian terlahir kembali sebagai web portal yang menggabungkan direktori dengan pencarian, berita, e-mail, dan jasa-jasa lainnya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 1587929807847386948

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item