Kapan Jatuhnya Pesawat TWA 800?

Kapan Jatuhnya Pesawat TWA 800? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/viva.co.id
Peristiwa jatuhnya pesawat TWA 800 milik Amerika terjadi pada 17 Juli 1996, dan merupakan salah satu peristiwa kecelakaan pesawat yang legendaris, karena penyebabnya dianggap misterius.

Pesawat yang ditumpangi 230 orang itu bertolak dari Moriches Timur, Amerika, menuju Paris, Prancis. Dua belas menit sejak pesawat itu lepas landas, sesuatu terjadi yang kemudian mengakibatkan pesawat itu meledak, terbakar, dan kemudian jatuh di perairan Long Island.

Banyak saksi peristiwa itu yang melihat sesuatu mirip proyektil—diperkirakan sebagai rudal—telah ditembakkan ke arah pesawat tersebut, yang kemudian mengakibatkan ledakan dan jatuhnya pesawat. Namun, pihak berwenang di Amerika menyatakan—tidak dengan pasti—bahwa penyebab ledakan kemungkinan besar adalah karena arus pendek yang menyentuh tangki bahan bakar.

Apa pun yang menyebabkannya, pesawat itu meledak di udara, hidung pesawat terpisah dari badan, kemudian terlempar ke bawah dan tercebur ke dasar laut Long Island. Badan pesawat maupun semua orang di dalamnya tenggelam di lautan.

Upaya penyelamatan pun dilakukan, namun tidak ada yang selamat. Para penyelam militer, selama empat bulan, telah melakukan empat ribu kali penyelaman, dan mereka berhasil mengangkat mayat-mayat serta sekitar 90 persen bagian pesawat berbobot 17.500 ton yang kemudian dibangun kembali di sebuah gudang di Long Island untuk diidentifikasi penyebab ledakannya.

Hingga bertahun-tahun sejak itu, pihak yang berwenang di AS tetap belum dapat memastikan penyebab ledakan pesawat tersebut, sementara di kalangan masyarakat berkembang berbagai macam teori, dan menuduh pemerintah Amerika sengaja menutup-nutupi fakta yang sesungguhnya.

Kecelakaan itu pun kemudian banyak ditulis di koran, majalah, website, bahkan buku-buku, dengan berbagai teori, namun tidak pernah jelas apa penyebab pastinya.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 3232687197774871953

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item