Kapan Terusan Suez Dinasionalisasi?

Kapan Terusan Suez Dinasionalisasi? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/kompas.com
Mesir, di bawah pimpinan Gamal Abdul Nasser, menasionalisasi Terusan Suez pada 26 Juli 1956, yang kemudian menciptakan polemik. Terusan Suez adalah jalur penting lalu lintas dari Timur ke Eropa, dan juga merupakan saluran minyak bumi.

Terusan Suez (dalam bahasa Arab disebut Qana al-Suways) terletak di sebelah barat Semenanjung Sinai, merupakan terusan kapal sepanjang 163 kilometer yang terletak di Mesir, yang menghubungkan Pelabuhan Said (Bur Sa’id) di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah.

Terusan Suez memungkinkan transportasi air dari Eropa ke Asia tanpa mengelilingi Afrika. Sebelum adanya kanal tersebut, beberapa transportasi dilakukan dengan cara mengosongkan kapal dan membawa barang-barangnya lewat darat antara Laut Tengah dan Laut Merah.

Penggalian Terusan Suez dimulai pada abad ke-19, ketika Mesir di bawah pemerintahan Khedive Muhammad Said Pasha. Kontraktor yang menanganinya adalah perusahaan penggalian Compagnie Universelle du Canal Maritime de Suez yang dipimpin Ferdinand de Lesseps dari Prancis.

Terusan Suez dibangun antara tahun 1859-1869 dengan panjang 169 kilometer, lebar 60 meter, dan kedalaman 8 meter. Mesir mendapatkan 40 persen jumlah saham, sedang sisanya dijual untuk umum.

Mengingat pentingnya kedudukan, fungsi, dan peranan Terusan Suez bagi dunia internasional, maka pada 29 Oktober 1888 dilangsungkan Konferensi di Istambul (Turki) untuk menetapkan status Terusan Suez. Konferensi itu dihadiri oleh Inggris, Jerman, Austria, Hungaria, Spanyol, Prancis, Italia, Belanda, Rusia, Turki, dan Mesir. Konferensi itu kemudian menetapkan Terusan Suez berstatus internasional.

Ketika Gamal Abdul Nasser menasionalisasi Terusan Suez, maka tindakan itu akan menjadikan Terusan Suez yang semula berstatus internasional menjadi dianggap milik bangsa Mesir. Karenanya, tindakan Gamal Abdul Nasser itu pun dianggap sebagai pelanggaran serius yang segera mendapat reaksi dari Inggris dan Prancis serta pihak lain yang berkepentingan, dan dari situlah lalu muncul “Krisis Suez”.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Related

Sejarah 9132081144952697359

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item