Kapan New Horizons Diluncurkan?

Kapan New Horizons Diluncurkan? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
New Horizons adalah wahana antariksa tak berawak milik NASA yang dirancang untuk terbang melewati Pluto dan bulan/satelit-satelitnya. New Horizons diharapkan dapat mengirimkan foto-foto Pluto dan satelitnya dari jarak dekat. Wahana ini memiliki berat hampir 500 kilogram, dan diluncurkan pada 19 Januari 2006.

Semula, New Horizons direncanakan dapat diluncurkan pada 11 Januari 2006, namun ditunda hingga 17 Januari, lalu ditunda lagi hingga 19 Januari 2006 karena ada beberapa pengujian lanjutan. Akhirnya, peluncurannya dilaksanakan pada 19 Januari 2006, dengan menggunakan sebuah roket Atlas V.

New Horizons dijadwalkan akan melintasi seluruh bagian tata surya selama sembilan tahun sebelum terbang ke Pluto dan satelitnya, Charon, pada 2015. Jika rencana ini berhasil, New Horizons akan menjadi pesawat pertama yang mengunjungi Pluto. Di dalam New Horizons terdapat tujuh peralatan khusus yang dirancang untuk memberikan berbagai petunjuk mengenai keadaan permukaan Pluto, susunan dalam, serta atmosfernya.

Selain direncanakan melintasi Pluto, misi ini direncanakan untuk dilanjutkan dengan penerbangan melewati Objek Lingkaran Kuiper (Kuiper Belt Object) dan mengirimkan data tambahan.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 2075954301461121953

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item