Kapan Lahirnya YouTube, dan Apa Video Pertama di YouTube?

Kapan Lahirnya YouTube, dan Apa Video Pertama di YouTube? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pixabay.com
YouTube, situs berbagi video paling populer di dunia, lahir pada 14 Februari 2005. Melalui YouTube, para pengguna internet dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis.

YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan di PayPal. Ketika pertama kali didirikan, kantornya terletak di lantai atas sebuah restoran pizza di San Mateo, California.

Video yang pertama kali diunggah ke YouTube berjudul “Me at The Zoo”, yang menampilkan Jawed Karim di kebun binatang San Diego. Hingga saat ini, video tersebut masih dapat disaksikan di YouYube.

Meski telah didirikan sejak Februari 2005, namun situs ini baru diperkenalkan ke publik pada November 2005. Memasuki bulan Juli 2006, popularitas YouTube segera menanjak, dan sejak itu sebanyak 65.000 video baru diunggah ke situs Youtube setiap harinya, dengan 100 juta views per hari.

Karena popularitasnya, Google kemudian mengakuisisi YouTube pada bulan Oktober 2006, dengan nilai 1,6 milyar dollar AS. Memasuki tahun 2007, seiring makin banyaknya jumlah pengakses, konsumsi bandwidth YouTube menyamai besarnya bandwidth keseluruhan internet di dunia pada tahun 2000.

Pada tahun 2008, YouTube mendapatkan penghargaan George Foster Peabody Award, karena telah menjadi “Speakers Corners” dan ikut berjasa dalam pengembangan demokrasi serta kebebasan berpendapat.

Pada saat ini, YouTube telah menjadi situs penyedia video paling besar di Amerika, sekaligus dunia. Diperkirakan 20 jam durasi video diunggah ke YouTube setiap menit, dengan 6 miliar views per hari.

YouTube tidak hanya merevolusi cara orang mengunggah dan menikmati vodeo di internet, tetapi juga telah melahirkan orang-orang yang kemudian dikenal secara luas, baik nasional maupun internasional, karena tampil di situs tersebut.

Briptu Norman Kamaru adalah salah satu contoh yang menjadi populer mendadak karena YouTube, setelah ia bernyanyi lipsync dalam sebuah video yang diunggah di situs tersebut.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Peristiwa 7354189616875285578

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item