Pedasnya Cabai ternyata Membantu Menyehatkan Jantung

Pedasnya Cabai ternyata Membantu Menyehatkan Jantung, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Tahu tidak, rasa pedas pada cabai ternyata memiliki manfaat signifikan dalam melindungi seseorang dari penyakit jantung. Penemuan itu berdasarkan studi yang dipimpin oleh Profesor Zhen Yu Chen dari Chinese University of Hong Kong, yang hasilnya dipublikasikan dalam forum National Meeting of American Chemical Society ke-243 di San Diego, Amerika Serikat.

Dalam penelitian itu terbukti bahwa senyawa capsaicin—yang memberikan rasa pedas pada cabai—mampu meningkatkan kerja organ jantung. Zat-zat capsaicinoid dalam capsaicin dapat mengurangi akumulasi kadar kolesterol pada tubuh, dengan meningkatkan kerusakan pada lemak jahat, kemudian membuangnya keluar lewat feses.

Selain itu, capsaicinoid mampu memblokir cyclooxygenase-2, suatu gen yang membuat pembuluh arteri berkontraksi, dan dapat menghalangi aliran darah ke jantung.

Capsaicinoid juga efektif dalam memicu penurunan lemak di pembuluh darah. Lemak itu dapat mempersempit arteri dan memicu penyakit jantung atau stroke. Kesimpulannya, zat yang tergolong dalam capsaicinoid membantu meningkatkan kerja jantung dan kesehatan pembuluh darah.

Namun, meski begitu, para peneliti juga mengingatkan bahwa konsumsi cabai secara berlebihan juga tidak direkomendasikan bagi kesehatan para penderita penyakit jantung. Karena cabai memang bukan pengganti obat-obatan penyakit jantung yang telah ada saat ini.

“Pada dasarnya,” ujar Profesor Zhen Yu Chen, “diet yang baik adalah diet yang seimbang. Dalam hal ini, cabai mungkin bisa dibilang sebagai suplemennya.”

Hmm... bagaimana menurutmu?

Related

Studi 4951933057479544530

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item