Apa Nutrisi yang Terkandung Dalam Tempe?

Apa Nutrisi yang Terkandung Dalam Tempe? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/winnetnews.com
Tempe adalah salah satu jenis dari sedikit makanan nabati yang mengandung vitamin B12. Secara umum, para vegetarian ketat yang tidak mengkonsumsi produk susu dan telur mungkin memerlukan suplemen B12.

Menurut Whitney Graduate Research Fund di Florida State University, 100 gram tempe mengandung 0,12 mikrogram vitamin B12. Jumlah itu kira-kira sama dengan jumlah vitamin B12 yang dapat kita peroleh di seperempat dada ayam. Umumnya, kita memerlukan vitamin B sebanyak 6 mikrogram per hari.

Kemudian, tempe juga merupakan sumber protein yang sangat bagus. Dalam setiap 100 gram tempe mengandung 17 gram protein. Jumlah itu sama dengan jumlah protein dari 100 gram kaki ayam. Selain itu, tempe mengandung protein lebih tinggi dari keju. Yang istimewa, tempe termasuk rendah lemak, dan tidak mengandung kolesterol.

Selain itu, dalam setiap 100 gram tempe mengandung sekitar 80 miligram kalsium. Meski jumlah kalsium dalam tempe lebih rendah dibanding jumlah kalsium yang terkandung dalam produk-produk susu, namun hal itu masih sangat berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan harian kita terhadap kalsium. Tempe juga mengandung zat besi, magnesium, dan zinc, dalam jumlah sedikit.

Terakhir, karena terbuat dari kedelai, kita pun tentu akan mendapatkan manfaat yang sama ketika mengkonsumsi tempe sebagaimana kita mengkonsumsi kedelai.

Menurut Columbia University Health Services, kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, melidungi tubuh terhadap penyakit jantung, memperbaiki kepadatan tulang, dan dapat menjadi kunci dalam mencegah osteoporosis.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 7483546483601394961

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item