Bagaimana Cara Membuat Oralit?

Bagaimana Cara Membuat Oralit? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pixabay.com
Pada saat ini, oralit mudah diperoleh dalam bentuk sachet di toko atau di apotik. Namun, jika sewaktu-waktu kita butuh oralit dan kesulitan mendapatkannya, kita bisa membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan 1 sendok teh garam, 8 sendok teh gula, dan 1 liter air. (Jika kesulitan menakar 1 liter air, gunakan saja ukuran 5 gelas air).

James Grant, yang pernah menjabat sebagai direktur UNICEF selama beberapa tahun, selalu membawa bungkusan paket dalam kantong bajunya. Bungkusan paket itu berisi resep di atas, yaitu 1 sendok teh garam dan 8 sendok teh gula.

Ketika ia bertemu para pemimpin di negara-negara berkembang, ia selalu menunjukkan bungkuan paketnya, dan berkata, “Bungkusan paket ini harganya lebih murah dibanding segelas air. Tapi tahukah Anda, bungkusan paket ini telah menyelamatkan ratusan ribu nyawa anak-anak di negeri Anda?”

Oralit berfungsi mencegah dan mengatasi dehidrasi. Dehidrasi adalah ancaman kematian yang menyebabkan lebih dari satu juta anak di dunia meninggal setiap tahun.

Penyebab umum dehidrasi adalah diare, yang diperkirakan menyebabkan kematian lebih dari 1,5 juta anak kecil di negara berkembang setiap tahun. Lebih dari ¾ tubuh kita adalah cairan. Kehilangan 10 persen cairan saja akan menyebabkan organ-organ vital tidak berfungsi, yang kemudian diikuti kematian.

Hmm… ada yang mau menambahkan?

Related

Umum 3600713242443553359

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item