Pagi adalah Waktu Paling Bahagia Sedunia

Pagi adalah Waktu Paling Bahagia Sedunia, Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/istimewa
Tahu tidak, pagi hari adalah waktu yang dianggap paling positif di seluruh dunia, atau waktu yang paling membahagiakan. Kenyataan itu terungkap melalui penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Cornell University.

Dalam penelitian yang dilakukan selama dua tahun itu, tim sosiolog Cornell University menggunakan software bahasa untuk mendeteksi kata-kata positif dalam 509.000.000 tweet dari 2,4 juta pengguna Twitter di 84 negara.

Hasilnya menunjukkan bahwa sikap positif orang di berbagai negara—yang tercatat melalui penelitian itu—mencapai puncaknya pada waktu pagi hari. Sikap positif itu lalu mulai turun pada waktu siang, dan mulai naik lagi pada malam hari.

Diperkirakan, sikap positif pada waktu pagi itu muncul karena merasa segar setelah semalam beristirahat, dan mulai menurun menjelang siang ketika mereka mulai beraktivitas atau bekerja.

Berdasarkan penelitian itu, kata-kata yang dijadikan sebagai indikasi puncak sikap positif adalah kata-kata antusiasme dan kegembiraan. Sementara kata-kata yang dijadikan sebagai indikasi sikap positif itu mulai menurun adalah kata-kata yang menunjukkan emosi negatif, seperti kesusahan, ketakutan, kemarahan, rasa bersalah, juga rasa muak. 

Selain itu, sampel penelitian juga menunjukkan sikap hati yang baik semisal keaktifan dan kewaspadaan pada hari Sabtu dan Minggu. Kemungkinan karena pada dua hari itu mereka mulai libur kerja.

Kenyataan yang sama juga terjadi pada sampel penelitian yang tinggal di negara-negara yang mayoritas muslim, yang akhir pekannya jatuh pada hari Jum’at. Mereka juga menunjukkan sikap positif yang sama pada hari tersebut.

Tampaknya, berdasarkan penelitian itu, pagi hari dan hari libur adalah waktu yang paling disukai banyak orang.

Hmm... bagaimana menurutmu?

Related

Studi 5257669399358991554

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item