Apakah Orang Kurus Juga Bisa Mengalami Obesitas?

Apakah Orang Kurus Juga Bisa Mengalami Obesitas? Belajar Sampai Mati, belajarsampaimati.com, hoeda manis
Ilustrasi/pixabay.com
Tahu tidak, bukan hanya orang gemuk yang bisa mengalami obesitas, karena orang kurus pun bisa mengalaminya. Bahkan, berdasarkan penelitian terbaru, tubuh kurus tidak hanya dapat mengalami obesitas, namun juga dapat terancam kolesterol.

Istilah medis yang digunakan untuk menyebutnya adalah MONW (Metabolically Obese Normal Weight), yang berarti seseorang yang kurus juga bisa terkena obesitas jika tubuhnya mengandung lebih banyak lemak daripada otot.

Pada saat ini, diperkirakan sekitar 68 persen orang Amerika mengalami kelebihan berat badan, dan hampir sebagian besar terkena diabetes. Sementara itu, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association menunjukkan bahwa satu dari empat orang yang kurus juga memiliki gejala diabetes, dan termasuk dalam kategori obesitas.

Yang lebih mencengangkan, jika seseorang yang kurus terdiagnosis menderita obesitas dan diabetes, risiko kematiannya bisa dua kali lipat dibanding dengan orang gemuk yang obesitas dan diabetes.

Lalu bagaimana cara mengetahui tubuh kurus yang mengalami obesitas dengan tubuh kurus yang sehat? Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk mengetahuinya, salah satunya dengan melakukan tes darah untuk melihat kadar glukosa (harus kurang dari 90 mg/dl), triglycerides (kurang dari 100 mg/dl), HDL (lebih tinggi dari 60 mg/dl), dan tekanan darah (kurang dari 120/80 atau kurang dari 115/75).

Selain itu, terdapat pula beberapa tes yang harus diminta secara khusus pada dokter untuk mengetahui adanya gejala awal diabetes, antara lain tes respon insulin dan NMR Lipid Particle Test.

Kalau dulu orang beranggapan tubuh kurus adalah pertanda sehat, sekarang orang bertubuh kurus juga perlu berhati-hati, karena tidak menutup kemungkinan mengalami obesitas dan menderita diabetes. Karenanya, menjalani gaya hidup sehat adalah kewajiban semua orang, tak peduli gemuk atau kurus, dan ada baiknya melakukan tes sejak awal untuk berjaga-jaga.

Hmm… bagaimana menurutmu?

Related

Tubuh Manusia 4764052899862861840

Posting Komentar

emo-but-icon

Recent

Banyak Dibaca

item